The Tourist : Berwisata Bersama Depp dan Jolie

Johnny Depp dan Angelina Jolie menjalani karirnya sebagai aktor dengan jalan yang nyaris berseberangan. Di usia yang makin matang, keduanya seperti menempuh jalan berbeda. Sejak Pirates of the Caribbean, Depp terasa makin akrab dengan komedi. Sementara Jolie makin mantap sebagai bintang aksi setelah tampil memukau dalam Mr & Mrs Smith.

Dalam The Tourist, kedua kecenderungan itu dipersatukan. Depp tetap bisa tampil komedik dan Jolie juga masih memegang kendali atas aksi disana. Perbedaan diantara keduanya yang sekilas susah dipersatukan ternyata bisa menghasilkan kombinasi yang menarik.

Dalam The Tourist, kombinasi itu tak hanya berwujud Depp dan Jolie, namun juga pada faktor kreator dibelakangnya. Dan mereka menyandang predikat “Oscar Winner” yang membuat kita beroleh harapan melambung atas film ini. Ada Florian Henckel von Donnersmarck (sutradara film The Lives of Others yang menyabet predikat Film Berbahasa Asing Terbaik 2007) dan duet penulis Christopher McQuarrie dan Julian Fellowes yang masing-masing meraih Oscar lewat film The Usual Suspects dan Gosford Park. Lantas berhasilkah The Tourist memenuhi ekspektasi penonton sebagai film hiburan yang bermutu?

Sebelum mengupas elemen demi elemen didalamnya, mari kita telisik terlebih dahulu kisahnya. Adalah Elise (Jolie), seorang perempuan misterius dengan kecantikan memukau. Gerak-geriknya seperti menyimpan rahasia. Suatu ketika, ia bertemu dengan Frank (Depp), seorang guru matematika asal Amerika. Diatas kereta api yang melaju, mereka berkenalan. Diawali dengan obrolan ringan, makan siang bersama yang meninggalkan debar di dada Frank.

Dan hubungan keduanya tak berhenti sampai disitu. Frank bahkan diajak Elise menginap di hotel. Pria yang cenderung lugu ini pun dengan mudah takluk di hadapan sang perempuan misterius. Bersamaan dengan itu, bahaya mulai mengintai. Frank dikejar orang tak dikenal dan ditinggalkan Elise begitu saja di hotelnya. Siapa sesungguhnya Elise? Dan apakah Frank selugu seperti yang diperlihatkannya?

Menilik ceritanya, ini formula yang akan dilumat habis oleh Alfred Hitchcock dan dikembangkannya menjadi film dengan struktur berlapis-lapis namun tetap mengasyikkan untuk diikuti. Aroma suspense berbaur dengan nuansa misterius akan disebar di sepanjang film dan tak akan gampang tertebak. Disinilah sesungguhnya von Donnersmarck mesti belajar banyak dari sang maestro. Secara struktur maupun dramaturgi, The Tourist sesungguhnya tak jelek. Namun masih ada sejumlah elemen yang menimbulkan tanda tanya di benak penonton. Dan juga masih gampang tertebak. Elemen penyutradaraan menjadi kunci yang membuat The Tourist terasa sedikit lamban meski sesungguhnya cerita bergerak cukup cekatan.

Yang juga harusnya dieksplorasi (atau dieksploitasi?) oleh sang sutradara adalah reaksi kimiawi antara Depp dan Jolie. Visualisasi harus memberikan celah bagi penonton untuk melihat dan menikmati ketertarikan fisik satu sama lain. Dan biarkan imajinasi penonton berkelana dengan liar menyaksikan betapa Depp dan Jolie sesungguhnya menahan rasa. Sayangnya dalam The Tourist, rasa itu terlihat tertahan-tahan. Depp dan Jolie hanya digambarkan berciuman, tak lebih. Bandingkan ketika melihat koneksi dahsyat Jolie dan Brad Pitt dalam Mr & Mrs Smith yang membuat seluruh dunia paham bahwa mereka (akhirnya) betul-betul jatuh cinta satu sama lain.

Teka-teki dengan sejumlah petunjuk yang disebarkan di sepanjang film perlahan terkuak, namun tak membuat penonton terhenyak. Dan degup di dada penonton pun tak terlalu kencang ketika melihat pria rupawan dan perempuan jelita beradu aksi di layar. Sayang memang melihat The Tourist dengan sejumlah kelebihan yang dipunyainya akhirnya hanya menjadi film hiburan dengan kualitas standar. Memang tak jelek, namun juga tak istimewa.

THE TOURIST

Director : Florian Henckel von Donnersmarck
Cast : Johnny Depp, Angelina Jolie, Paul Bethany
Script Writer : Christopher McQuarrie, Julian Fellowes

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: