Inglourious Basterds : Nazi, Tarantino & Waltz

Siapa bilang belajar film yang benar hanya bisa dari sekolah film? Quentin Tarantino justru belajar dari ratusan film yang ditontonnya ketika masih jadi pegawai di sebuah rental video. Dan tak ada yang meragukan kualitasnya sebagai sutradara garda terdepan Hollywood saat ini.

The Film Club adalah sebuah buku yang unik. Memoar yang ditulis David Gilmour (seorang kritikus film) ini berisi premis seorang ayah yang mengijinkan anaknya, Jesse, keluar dari sekolah asal mau menonton 3 film yang dipilihnya dalam seminggu.

Tarantino kecil melakukan itu. Tapi ia melakukannya bukan karena deal dengan sang ayah. Ia tak seberuntung Jesse yang punya ayah yang sepengertian David Gilmour. Ayahnya sendiri tak dikenalnya karena sudah pergi sebelum ia lahir ke bumi. Ia menonton puluhan film semata karena gaji kecil sebagai pegawai video rental yang tak memungkinkannya mencari hiburan lain. Hobinya menonton film terlihat dari sejumlah film yang disutradarainya. Ia pun beroleh julukan “the video store generation of filmmakers”.

Dan Inglourious Basterds juga hadir demi merayakan ke-sableng-an sutradara merangkap aktor, produser dan penulis skenario ini. Ia bertualang ke era ketika seantero Eropa dihipnotis oleh Hitler. Ketika gerakan Nazi merebak dan memancarkan bau busuk dimana-mana. Disini ia menciptakan geng bernama The Basterds yang diisi begajulan anti Nazi dipimpin Aldo Reine (Brad Pitt). Misinya sederhana : mengumpulkan 100 kulit kepala Nazi. Cerita ini berjalan paralel dengan misi balas dendam-berani mati dari Shosanna Dreyfuss (Melanie Laurent). Shosanna terbakar dendam kesumat sejak keluarganya ditembak membabi buta oleh pasukan pimpinan Hans Landa (diperankan dengan sangat cemerlang oleh Christoph Waltz).

Maka misi kedua belah pihak yang kurang lebih sama bermuara pada satu tujuan : menumpas Hitler dan antek-anteknya. Tapi jangan bayangkan film ini seperti Schlinder’s List. Inglourious Basterds lebih nakal, lebih komikal dan jauuuuuuh lebih menghibur. Durasi film 153 menit dijamin tak akan membuat penonton merasa bosan. Citarasa komedi “aneh” dari Tarantino pun somehow bisa ditertawakan dengan nyaring oleh penonton.

Dan baik The Basterds, maupun Shosanna, menjalankan misinya sendiri-sendiri dengan satu tujuan. Berhasilkah mereka? Yang pasti, Tarantino sekali lagi menyajikan tontonan penuh gizi nan lezat yang wajib dikonsumi para moviegoers.

INGLOURIOUS BASTERDS

Director : Quentin Tarantino
Cast : Brad Pitt, Christoph Waltz, Melanie Laurent, Diane Kruger, Eli Roth
Script Writer : Quentin Tarantino

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: