Cats & Dogs : Perseteruan Anjing & Kucing “Tercanggih”

Sejak dulu anjing dan kucing digambarkan tak akur. Konon, ini semua memang sudah digariskan. Berbagai macam dongeng yang dijejalkan ke kepala kita sedari kecil juga mengisyaratkan bahwa kucing dan anjing tak mungkin “dipersatukan”. Di Cats & Dogs, permusuhan yang telah berlangsung, bahkan sejak adanya bumi itu, menjadi tema utama. Namun disini, “persaingan” keduanya sudah digambarkan ke tingkat yang lebih dahsyat, tak saja dari stuktur penceritaan, namun juga teknik yang digunakan.

Teknik ? Ya, di Cats & Dogs, anjing dan kucing tak digambarkan sebagai hewan biasa. Mereka mampu bercakap – cakap layaknya manusia, punya kepintaran sepantaran manusia, bahkan mampu membodohi manusia. Premis cerita yang sesungguhnya menarik, namun kelihatan tak pada tempatnya. Oke, jika Cats & Dogs diperuntukkan buat penonton dewasa, tapi jika dikhususkan buat anak – anak, niscaya mereka bakal terperangah menyaksikan “kehebatan” hewan kesayangan mereka beraksi di layar. Jadi jangan heran jika mendengar si kecil menyeletuk, “memangnya kucing bisa bicara, yah, Pa ?”. Karenanya sangat perlu menemani buah hati Anda jika menyimak aksi kucing dan anjing “tak biasa” ini.

Garis besar cerita Cats & Dogs sebenarnya biasa saja. Sangat klasik tentang perseteruan kucing dan anjing. Tapi disini, mereka terlibat “perang” besar, dimana kucing yang berambisi menjadi penguasa dunia, berusaha menggagalkan Professor Brody (Jeff Goldblum) untuk menemukan serum anti alergi (bulu) anjing. Bayangkan, jika serum itu berhasil ditemukan, alamat sial bagi kucing seluruh dunia. Keberadaan mereka makin terpinggirkan oleh kaum anjing.

Yang menarik menyimak Cats & Dogs terletak pada “kenakalan” John Requa dan Glenn Ficarra yang menyusun struktur cerita sehingga film ini bisa bicara banyak hal, hal – hal besar malahan, bahkan bombastis. Bayangkan, jika kaum anjing diperlihatkan mempunyai agen rahasia dengan peralatan yang nyaris secanggih yang dipunyai FBI atau CIA. Dan “kenakalan” mereka berdua tak berhenti sampai disitu. Di Cats & Dogs terdapat cukup banyak parodi adegan – adegan dari film terkenal. Mulai dari Mission Impossible yang tersohor itu hingga adegan tendangan yang “dipotret” dari berbagai penjuru ala Trinity (The Matrix) yang sangat memorable itu. Sangat mungkin, tim penulis menyusun cerita seperti ini sebagai olok – olok bagi situasi dunia saat ini. Bukankah mengolok – olok seseorang atau sesuatu dengan cara seperti itu tergolong minim resiko ? Kita jadi ingat dengan kisah Pinokio yang sebenarnya adalah salah satu cara “pemberontakan” penulisnya terhadap rezim yang berkuasa saat itu.

Namun dari berbagai “kelebihan” Cats & Dogs tadi, ironisnya justru disitulah letak kesalahannya. Film semacam ini sangat mungkin ditujukan bagi penonton belia. Jadinya serba tanggung. Jangan harap mereka bisa mengerti jalan cerita yang terlampau “berat” seperti yang tersimak di layar, apalagi bisa mengerti bahwa banyak adegan yang mencomot ide dari film terkenal. Lha wong menonton The Matrix atau Mission Impossible saja mereka belum dibolehkan orang tua ! Mereka sangat mungkin hanya bisa tertawa dengan adegan – adegan slapstick yang cukup banyak tersaji disini.

Tapi buat penonton dewasa, sesekali menonton film hiburan semacam ini bolehlah sebagai selingan. Rasanya tak rugi sama sekali, bisa tertawa terbahak – bahak, dan bisa menganalisa kecakapan dubbernya yang wuah..nyaris aktor – aktris kawakan semua. Lihat saja nama – nama berikut : Tobey Maguire (Lou), Alec Baldwin (Butch), Sean Hayes (Mr Tinkles), Susan Sarandon (Ivy), Joe Pantoliano (Peek), Michael Clarke Duncan (Sam), Jon Lovitz (Calico) hingga aktor legendaris Charlton Heston (The Mastiff).

CATS & DOGS

Director : Lawrence Guterman
Cast : Jeff Goldblum, Elizabeth Perkins
Script Writer : John Requa, Glenn Ficarra

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: