After The Sunset : Setelah Pierce Brosnan Pensiun Sebagai James Bond

Di usia yang makin bertambah, sejumlah aktor, utamanya papan atas, makin sadar diri dengan kemampuan fisiknya yang mulai menurun. Salah satunya bisa jadi adalah Pierce Brosnan, bintang Inggris nan charming yang telah melakoni sejumlah judul serial James Bond. Selain Sean Connery, Brosnan-lah yang banyak dianggap paling pantas memerankan agen berkode 007 itu. Meski semua film James Bond yang dibintanginya sukses, Brosnan yang rendah hati tahu diri untuk memohon izin mengundurkan diri dari film yang telah membesarkan namanya itu.

Namun sesungguhnya, Brosnan tak benar – benar meninggalkan peran dengan tipikal ala agen rahasia. Tak percaya ? Mari kita lihat aksinya di After The Sunset, besutan terbaru Brett Ratner yang pandai mencampur formula eksyen, komedi dan drama menjadi satu dengan campuran nan tepat. Disini, Brosnan memerankan pencuri profesional yang berniat pensiun setelah berhasil mencuri sejumlah berlian termasyhur sejagat. Brosnan sebagai Max adalah pencuri yang beraksi ala James Bond. Ia bisa mengendalikan mobil dari jarak jauh dengan remote control dan membekali diri dengan peralatan super canggih. Tapi tentu saja Q tak menemani Brosnan dengan setia disini. Di After The Sunset, Max ditemani kekasihnya, Lola (Salma Hayek) yang juga pencuri ulung.

Jika sempat mencermati karya – karya Ratner sebelumnya seperti Red Dragon dan Rush Hour 2, kentara betul bahwa Ratner adalah master dalam membuat film yang sungguh – sungguh sangat entertaining. Juga tak perlu mengernyitkan kening ketika mengkonsumsi jalinan cerita. Disini, Ratner mendebarkan jantung penonton dengan aksi Max dalam mencuri, mengaduk emosi penonton ketika mempertontonkan kemesraan pasangan Max dan Lola, juga membuat penonton tertawa terbahak – bahak ketika memperlihatkan Max dan musuh besarnya, Stan yang seorang agen FBI (Woody Harrelson) ternyata bisa juga berteman, setelah melalui beberapa kejadian lucu yang menyegarkan. Dari sekian elemen tadi, unsur komedi-lah yang paling efektif dalam After The Sunset. Bayangkanlah Max dan Stan yang bermusuhan sejak lama, terperangkap dalam posisi antara mengejar dan dikejar, bisa juga klik satu sama lain. Bahkan di satu adegan diperlihatkan, mereka bisa tidur seranjang dan tak sadar ditemukan berpelukan di pagi harinya ….ha..ha…ha…. Komedi juga menjadi efektif karena chemistry antara Brosnan dan Harrelson. Jika di serial James Bond, Brosnan tampil serius, disini ia memang tampak rileks, apalagi jika disandingkan dengan Harrelson yang memang sepertinya punya bakat melawak. Sementara unsur eksyen sungguh STD alias standar (meminjam istilah Meutia Kasim, juri Indonesian Idol) karena tak memperlihatkan konflik baru yang berbeda dari film – film eksyen sejenis.

Jadinya meski tampak jayus di sebagian besar perjalanan filmnya, After The Sunset memang masih bisa dipujikan sebagai tontonan yang tak hanya menggelitik namun juga memanjakan mata. Mata siapa yang tak segar menyaksikan keindahan alamiah Kepulauan Karibia yang bak surga dunia, itu berkat ketelitian Dante Spinotti yang duduk di kursi sinematografer yang pandai melukis dengan mata kameranya. Belum lagi “keindahan” (baca : kemolekan) tubuh Salma Hayek yang lumayan banyak diekspos. Heran juga sebenarnya melihat Hayek di film ini, terlebih setelah tampil di Frida. Padahal setelah Frida, terkesan Hayek akan lebih selektif menerima peran, terlebih setelah “peran” barunya sebagai sutradara. Tapi itulah, Frida mungkin memuaskan Hayek dari sisi batin sementara After The Sunset “menghormati”-nya dari perolehan honor. Dan kabarnya film rilisan New Line Cinema ini lumayan sukses di berbagai negara. Tak perlu heran, karena mungkin jenis tontonan seperti inilah yang ditunggu sebagian orang untuk menghilangkan kepenatan.

AFTER THE SUNSET

Director : Brett Ratner
Cast : Pierce Brosnan, Salma Hayek, Woody Harrelson
Script Writer : Paul Zbyszewski

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: