About Adam : Kisah Pria Penakluk 3 Wanita Bersaudara

Sejak awal kehadirannya, film telah digunakan sebagai medium untuk berbagai tujuan. Di masa perang, film diyakini sebagai bentuk komunikasi efektif yang berbau propaganda. Di masa damai, film bisa menjadi penunjuk arah alias rambu – rambu dalam menjalani hidup. Tak terkecuali dalam hubungan asmara. Tak terhitung jumlah film yang membahas perkara yang oleh sebagian orang dianggap sepele, namun sebagian lainnya menganggap perlu diobrolkan, bahkan dengan panjang lebar. About Adam, salah satu kisah yang meneropong perkara cinta dari sudut pandang lain. Laiknya film independen, About Adam dengan bebas memotret kisah cinta Adam dengan Lucy, juga kisah asmara terlarang Adam dengan Laura, adik Lucy plus petualangan seksual Adam dengan Alice, kakak Lucy yang sudah berkeluarga.

Dari segi tematik, film ini menyodorkan premis yang menggugah orang untuk menikmati kisahnya. Bermula dari Adam (Stuart Townsend) yang berkenalan dengan Lucy (Kate Hudson), pelayan bar yang sesekali merangkap sebagai penyanyi. Pertama melihat Adam, Lucy langsung terpesona. Tentu, pada sosok fisikalnya. Wanita mana yang tak kesengsem melihat perawakan Adam yang rupawan. Tak hanya Lucy, dua saudarinya yang lain, Laura (Frances O’Connor) dan Alice (Charlotte Bardley) pun terpikat dibuatnya. Makin ke belakang, ketahuan-lah betapa Adam ternyata sosok laki – laki mata keranjang. Entah apa alasan dibalik semua petualangan asmaranya ini. Sutradara seperti tak punya waktu untuk menjelaskan. Sempat terselip kata – kata yang diucapkan Lucy dan Laura di awal film, “Keistimewaan semangat fisik pria di dunia adalah pembalasan dendam.” Mungkin, inilah pijakan mengapa Adam bisa berlaku senekat itu.

Menggelitik dan lucu, mungkin pantas disematkan pada About Adam. Sayangnya, premis cerita yang sungguh menarik kedodoran di pertigaan akhir film karena ditopang skenario garapan Gerard Stembridge yang tak berstruktur. Maunya komedi satir, hanya saja penyelesaian yang terburu – buru dan happy ending ala Hollywood menyebabkan film ini kehilangan cita rasa. Analoginya, seperti memakan kue yang pada mulanya enak, namun lama kelamaan akan terasa hambar karena racikan yang kurang tepat. Baiknya, film ini memang dilabeli komedi romantik saja, padahal banyak sisi yang bisa diungkap dari petualangan Adam bersama 3 bersaudari tersebut. Alangkah menariknya About Adam jika sutradara mau sedikit saja menajamkan konflik demi aksentuasi cerita.

Begitupun, terlalu berlebihan jika menganggap About Adam tak punya nilai lebih. Lihatlah caranya bertutur dari 4 sudut pandang. Mirip dengan cerita bertutur Amorres Perros ataupun film eksperimental dari Jerman, Run Lola Run. Berkat pendekatan inilah, cerita bisa lebih mengalir.

Kate Hudson sebagai satu – satunya pemain non Inggris di film ini juga bermain menarik. Aksen British dengan dialek Irlandia nyaris sempurna berpadu dengan kelihaiannya memainkan mimik dan bahasa tubuh. Kentara betul jika putri kesayangan aktris kondang Goldie Hawn ini punya bakat besar sebagai bintang masa depan. Performanya di Almost Famous yang memberinya nominasi Oscar rasanya memang patut disematkan padanya. Tambahan lagi, suaranya cukup merdu, seperti yang diperdengarkannya di film ini. Selain Hudson, Frances O’Connor juga berakting memukau, sebagai Laura yang kutu buku namun luar biasa impulsif.

Begitupun, About Adam menyesakkan dada di ending-nya, terutama bagi penonton wanita, karena rahasia Adam bersama Laura dan Alice tak terungkap. Terkubur bersama keriuhan pesta perkawinan Adam dan Lucy …….

ABOUT ADAM

Director : Gerard Stembridge
Cast : Stuart Townsend, Kate Hudson, Frances O’Connor
Script Writer : Gerard Stembridge

Iklan
Comments
One Response to “About Adam : Kisah Pria Penakluk 3 Wanita Bersaudara”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] This post was mentioned on Twitter by resensifilm1111. resensifilm1111 said: Pria penakluk 3 wanita bersaudara http://tinyurl.com/282tacw cc @hardrockfmbdg @KaskusFovies @madamaradio @nulisbuku @ozradiobali […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: