A Life Less Ordinary : Perjalanan Cinta Nan Eksplosif!

Aktor Inggris, Ewan McGregor tak hanya dikenal jago berakting. Ia pun dinilai punya suara tak kalah merdu dari penyanyi profesional. Yang mencuri perhatian tak lain penampilannya dalam Moulin Rouge (2001). Ewan dan Nicole Kidman larut dalam suasana dan keriuhan yang biasa ditampilkan film musikal. Moulin Rouge menjadi referensi Ewan mendampingi Renee Zellweger di Down With Love (2003). Jauh sebelumnya, tepatnya tahun 1997. Ewan juga menyanyi di film A Life Less Ordinary. Tapi A Life Less Ordinary bukan film musikal. Ini film bergenre black comedy yang membuat penonton seperti menertawakan diri sendiri. Komedi yang pahit kata orang, dan kadang membuat penonton easy going tak mengerti apa yang harus ditertawakan.

Tapi rasanya tak susah untuk tak tertawa menyaksikan Robert (Ewan McGregor) yang tak berniat menjadi penculik, tiba – tiba harus dihadapkan pada kenyataan bahwa yang terbaik adalah menculik Celine (Cameron Diaz), putri bosnya. Padahal ia hanya ingin mendapatkan pekerjaannya kembali sebagai cleaning service, sebelum diambil oleh sebuah (ataukah seorang ?) robot ! Dari sini mulai tampak ironinya. Kapitalis, yang diwakili ayah Celine, merasa bisa melakukan segalanya. Efisiensi bisa jadi alasan, asal tujuan tercapai. Robert hanyalah korban dari sistem sewenang – wenang yang lazim terjadi di negara maju. Bukan hanya Robert, Celine pun sebenarnya korban. Adanya kesamaan dalam dua karakter yang terlihat sangat bertolak belakang inilah yang dieksplorasi dalam A Life Less Ordinary. Maka Robert yang penculik “bertukar peran” dengan Celine. Robert yang lugu dan sopan rasanya memang tak pantas jadi penculik. Celine-lah yang mengajarkannya menjadi penculik yang profesional, walaupun tak pernah terwujud.

Di awal, A Life Less Ordinary seperti ingin berkhotbah moral. Termasuk dengan menyisipkan karakter sepasang malaikat dan penggambaran surga dengan segala keabsurdannya. Tapi tidak, A Life Less Ordinary cuma ingin menyodorkan premis : perfect love alias cinta sempurna. Cinta yang tumbuh dari dua karakter yang amat bertolak belakang, pelan – pelan membuka diri namun lalu tak cukup percaya diri untuk merasakannya. Begitupun, takdir sudah digariskan. Setelah melewati rintangan yang berat, Robert dan Celine toh bersatu.

Ada semangat main – main dalam film ini. Perhatikan karakter Celine dan Robert yang terasa komikal. Tapi ini bukan kelemahan, mungkin bisa dibilang kelebihan yang terjadi secara kebetulan. Jika tidak dimainkan aktor yang cakap, bisa – bisa karakter kedua tokoh utama ini tenggelam dalam hiruk pikuk cerita dan musik yang meningkahinya. A Life Less Ordinary boleh dipujikan karena well-acted. Aplaus panjang boleh diberikan pada Cameron Diaz. Penonton jeli bisa melihat kesungguhannya berakting pada adegan dimana Celine menelepon ayahnya dengan berpura – pura disiksa Robert. Karakter Celine yang kompleks bisa diwujudkan Diaz lewat intonasi, gesture hingga mimic wajah. Sayang, ensemble akting mereka dibuat sedikit “cacat” oleh Holly Hunter yang bermain over acting. Susah rasanya membayangkan, dialah sosok gemilang peraih Oscar Aktris Terbaik lewat The Piano.

A Life Less Ordinary adalah film bersetting antah berantah dengan konsep kekinian. Tehirup dari cerita yang banyak mengandung kejutan alias susah ditebak, tata busana yang dikedepankan – walau tak terlalu menyolok – dan ini yang penting, musik ala MTV. Begitupun, film ini tetap menyodorkan nilai berikut sebuah perspektif baru atas sesuatu yang dinamakan cinta. Anda setuju ?

A LIFE LESS ORDINARY

Director : Danny Boyle
Cast : Ewan McGregor, Cameron Diaz, Holly Hunter
Script Writer : John Hodge

Iklan
Comments
One Response to “A Life Less Ordinary : Perjalanan Cinta Nan Eksplosif!”
  1. niebell berkata:

    ini film keren banget, dan tentu saja akting 2 tokoh utamanya juga keren

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: