The Open Road : Anak Yang Mencari Jati Diri, Ayah Yang Terlalu Mencintai Diri Sendiri

Kejutan biasanya datang dari kepasrahan. Ketika tak berekspektasi apapun, seringkali kita mendapatkan kejutan menyenangkan dari sebuah film. Hal itu terjadi pada film The Open Road. Kisah yang konon adalah pengalaman pribadi dari sutradara merangkap penulis skenarionya, Michael Meredith, ini menghadirkan kisah heartwarming dan dituturkan dengan perlahan dan tanpa meledak-ledak.

Setelah Le Grand Voyage yang mencoba membongkar hubungan personal yang buruk antara ayah dan anak, baru kali ini kita kembali mendapatkan tontonan yang layak untuk direkomendasikan pada siapapun. The Open Road membangun kisahnya dari premis menarik. Seorang ibu (Mary Steenburgen) tengah sekarat karena bermasalah dengan jantungnya. Sang ibu pun meminta sebuah janji pada sang anak (Justin Timberlake) yaitu menghadirkan kembali mantan suami yang lama menghilang dari kehidupan mereka sekaligus ayah yang terlepas dari buah hatinya itu. Anak terperanjat dan sempat menolak. Tapi akhirnya bersedia menunaikan tugas itu. Namun ternyata membawa sang ayah (Jeff Bridges) ke pangkuan ibunya tak semudah membalikkan telapak tangan. Sang ayah adalah tipikal manusia nyentrik dan menghadapinya betul-betul menguji kesabaran sang anak. Terlebih ayah dan anak sebenarnya punya masalah sendiri-sendiri. Sang ayah terlalu mencintai diri sendiri sehingga hampir selalu tak mengindahkan orang lain, sementara sang anak sedang labil. Ia bertanya seputar kehidupan yang dijalaninya saat ini, termasuk hubungannya dengan mantan kekasih, Lucy (Kate Mara).

Premis seperti ini biasanya menjadi magnet tersendiri, khususnya bagi mereka yang menggemari kisah-kisah humanis yang dibuat diluar tradisi mainstream. Dan The Open Road punya itu semua. Sayangnya film ini dirilis sangat terbatas di Amerika sehingga tak terdengar gaungnya. Untunglah di Indonesia film mengesankan ini bisa beredar dan kita bisa melihat pertarungan kharisma antara Justin Timberlake dan Jeff Bridges.

Yes, salah satu bagian menarik dari The Open Road adalah disandingkannya dua aktor beda generasi dan beda pengalaman itu. Jeff Bridges sudah tak perlu diragukan aktingnya dengan jam terbang yang cukup panjang. Oscar pun akhirnya mampir ke genggamannya tahun lalu lewat Crazy Heart. Namun setelah menonton The Open Road, bisa jadi kita perlu meralat pengakuan juri dari penghargaan prestisius itu. Rasanya Bridges lebih menawan di film ini dibanding yang diperlihatkannya sebagai penyanyi cowboy yang frustasi. Yes, Bridges adalah salah satu aktor senior terbaik saat ini dan progresi yang ditampilkannya dari satu film ke film yang lain memperlihatkan grafik yang stabil. Artinya ia selalu berupaya tampil maksimal di setiap karya.

Sementara Justin Timberlake boleh dibilang masih wajah baru dalam dunia film. Filmografinya pun masih sedikit dengan peran yang masih begitu-begitu saja. Namun The Open Road memberinya kesempatan untuk berakting maksimal. Dan kapan lagi berkesempatan beradu akting dalam hampir tiap scene dengan aktor sekaliber Bridges? Maka Timberlake yang sebenarnya tampil biasa-biasa saja pun akhirnya tertolong oleh energi dan kharisma Bridges yang mendominasi layar. Sebagai aktor senior, Bridges tahu untuk tampil total tanpa harus menjatuhkan lawan mainnya. Dan itu yang dilakukannya disini. Timberlake adalah partner-nya dan chemistry diantara mereka berdua menjadi kunci di film ini. Dan untungnya berhasil.

Film ini juga punya Kate Mara yang bersinar. Penampilannya yang tak banyak namun selalu mencuri perhatian di setiap adegan yang dimainkannya. Dan lagi-lagi beruntunglah Timberlake karena juga tertolong oleh Mara. Penampilannya yang terasa artifisial di beberapa bagian bisa diselamatkan oleh Mara. Tanpa perlu banyak berkata-kata, hanya lewat gestur dan sorot mata, penonton tahu apa yang Lucy rasakan.

The Open Road mengesankan sebagian besar karena skenario yang ditulis dengan baik oleh Meredith. Tensi terasa di tiap sekuens, drama pun menyapu layar di saat tepat sehingga tak mengendurkan penonton sedikitpun untuk mengalihkan mata. Dan bisa jadi karena terinspirasi dari kisah yang dialaminya sendiri, maka film ini juga terasa tulus. Dan The Open Road pun menjadi jendela bagi kita semua untuk melihat kembali hubungan dengan orangtua, terutama sang ayah.

THE OPEN ROAD

Director : Michael Meredith
Cast : Justin Timberlake, Jeff Bridges, Kate Mara
Script Writer : Michael Meredith

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: