Up In The Air : Merindukan Hidup Di Bumi

Ganteng. Kharismatik. Karir cemerlang. Tak terikat komitmen apapun. Jika sejumlah ”syarat’ ini disematkan pada salah satu aktor Hollywood, siapakah yang Anda pilih? Well, kemungkinan besar beberapa diantara Anda akan menjawab : George Clooney.

Maka karakter Ryan Bingham yang sepintas mirip dengan Clooney memang seperti ditakdirkan untuk dimainkan oleh sutradara film Good Night and Good Luck itu. Tapi hal tersebut tentu saja tak membuat Clooney akan lebih mudah menjadi Bingham. Coba bayangkan jika imej Clooney lebih kuat dari Bingham? Maka peran ini menjadi tricky buat pemain film Michael Clayton itu. Untungnya Clooney termasuk dalam jajaran aktor mumpuni dengan akting yang bisa diandalkan. Maka ketika sutradara Jason Reitman membuka layar dan memperkenalkan karakter Bingham dengan efektif, dengan cepat pula kita percaya bahwa Clooney adalah Bingham.

Ryan Bingham adalah karakter laki-laki masa kini. Ingin hidup bebas, berdedikasi tinggi pada pekerjaannya dan tak mau ribet untuk urusan hati. Hidupnya dihabiskan di udara dengan berkeliling dari satu kota ke kota lainnya. Selama 322 hari dalam setahun, lingkaran hidupnya berputar pada pesawat terbang, lapangan udara dan hotel. Dan ia menikmatinya.

Lantas apa yang membuat Bingham dalam sekejap ingin merasakan hidup di bumi, tak lagi di udara seperti yang telah dihabiskannya bertahun-tahun? Seefisien apapun tindakannya dan semekanis apapun kepercayaan yang dipunyainya, Bingham tetaplah manusia normal rupanya. Ia merasakan sepi dan ingin mengecap indahnya hubungan. Maka mulailah skenario yang ditulis Reitman dan Sheldon Turner itu membongkar kerapuhan sisi hati seorang lelaki dewasa dan mapan seperti Bingham. Terasa sentimentil, tapi percayalah Up in The Air bukan komedi romantis. Ia adalah film yang akan menyadarkan kita akan keinginan dan kenyataan yang ditubrukkan pada tubuh kita.

Dengan modal 2 film dahsyat yang disutradarai sebelumnya yaitu Thank You For Smoking dan Juno, maka kita memang boleh berharap banyak pada putra produser-sutradara Ivan Reitman ini. Dan ia memang tak mengecewakan. Jason Reitman adalah seorang pendongeng modern yang berhasil membuat film mainstream yang tajam. Tentu saja tak terlalu sulit membuat film indie yang tajam, namun film mainstream yang harus berkompromi dengan banyak hal? Well, Reitman telah membuktikannya dengan 2 film sebelumnya plus karya teranyarnya ini. Up in the Air bagaikan semangkuk sup yang segar dan lezat namun pedas, tapi dijamin tak akan membuat Anda terbatuk-batuk karenanya.

UP IN THE AIR

Director :  Jason Reitman
Cast : George Clooney, Vera Farmiga, Anna Kendrick
Script Writer : Jason Reitman, Sheldon Turner

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: